Menkominfo: Kalau Sudah Pakai Set Top Box Otomatis akan Menerima Layanan TV Digital

Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengalihkan siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) dalam jadwal III tahap. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, saat ditemui di kantor Kominfo Jakarta, mengatakan sesuai jadwal, tanggal 30 November akan dilakukan switch off TV analog secara serentak. ASO tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 30 April.

Menkominfo mengingatkan pada masyarakat yang memiliki TV digital, yang kebanyakan adalah kelas menengah keatas, untuk memeriksa TV nya. Karena layanan digital hanya bisa dinikmati bagi TV digital yang memakai set top box DVB T2. "Apa sudah DVB T2 atau belum? Kalau sudah maka otomatis akan menerima layanan digital. Tapi kalai belum DVB T2, maka perlu pemasangan set top box," kata Johnny, Senin (28/3/2022).

"Jadi pada masyarakat yang tidak dikategorikan masyarakat miskin, yang mempunyai TV supaya segera memastikan TV nya supaya bisa menerima siaran digital, dimulai 30 April 2022," lanjutnya. Kominfo bekerja sama dengan penyelenggara multipleksing untuk menyediakan set of box bagi keluarga miskin. Sedangkan untuk kelas menengah atau yang bukan tergolong miskin, Johnny berujar, rata rata TV nya sudah DVB T2 atau standar digital.

Namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang belum memenuhi standar. "Tanggal 30 April wilayah yang sudah dibagikan set top boxnya, TV analognya akan dimatikan dan layanan digital akan dihidupkan. Saat itu masyarakat mulai menerima layanan digital," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.